Gunung ini Lebih Tinggi dari Gunung Everest Dari Permukaan Bumi

Selasa, 18 Oktober 2016


Masa Sihhh - Sampai saat ini, gunung tertinggi di dunia masih dipegangi oleh Gunung Everest. Di mana pegunungan Himalaya ini tingginya mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan gunung-gunung yang ada di belahan dunia.


Oleh karena itu, Gunung Everest dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia. Tapi tahukah kamu, ternyata ada gunung lainnya yang tak kalah tinggi dengan Everest? Bahkan jauh lebih tinggi.

Dilansir laman VIVA.co.id, gunung tersebut adalah Gunung Chimborazo. Gunung ini terletak di negara Ekuador. Jika diukur dari permukaan laut, ketinggian Chimborazo memang tidak melebihi Everest, dimana hanya setinggi 6.310 meter. Namun jika diukur dari atas pusat Bumi, maka Chimborazo lah yang menjadi pemenangnya.


Ya, para ilmuwan mengatakan, Everest hanya menang apabila diukur dari permukaan laut. Namun kalau diukur dari pusat Bumi, Chimborazo masih lebih tinggi. Hal ini terjadi karena bentuk Bumi yang tidak bulat sempurna, membuatnya jadi menggelembung di bagian tengah.

Sedangkan Gunung Chimborazo yang terletak di ekuator ini dekat sekali dengan bagian Bumi, yang menggelembung di bagian tengah tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Chimborazo adalah gunung tertinggi di pusat Bumi ini.